jami’

DKM al-Muhajirin Puri Kartika Banjarsari Cipocok Jaya Kota Serang mengundang Anda untuk mengikuti Pengajian Umum setiap Rabu, pukul 20.00-22.00 periode tahun 2010.

Menu:

Minggu pertama: narasumber Ustadz Abdul Latif, materi Fiqih Keluarga, rujukan Kitab Subulussalam.

Minggu kedua: narasumber Ahmad Fadhil, Lc., M.Hum, materi Akidah, rujukan berganti-ganti.

Minggu ketiga: narasumber Endang Saiful Anwar, Lc., MA, materi Tafsir, rujukan Tafsir Maudhu’i Syekh Muhammad al-Ghazali.

Minggu keempat: narasumber Ustadz Muslih, materi Akhlak, rujukan Kitab Kitab Is’ad ar-Rafiq wa Bughyah ash-Shadiq Syarh Syaikh Muhammad bin Salim bin Said Babashil asy-Syafii ala Sullam at-Taufiq Habib Abdullah bin Husain bin Thahir bin Muhammad bin Hasyim Ba’lawi.

Minggu kelima: narasumber Ustadz Achmad Murtado Arifin, materi Sirah Nabi Saw, rujukan berganti-ganti.

Lokasi: Dari Terminal Pakupatan menuju Pal Lima, tepat di depan Kantor POLDA Banten.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw, Rabu 17 Rabiul Awwal 1431 H/3 Maret 2010.

Pembawa acara: Galih Alhadid

Qariah: Ustadzah Muawanah

Sambutan Ketua DKM: Ahmad Fadhil

Sambutan Ketua RW XI Banjarsari: Agus Rasyid

Hikmah Maulid Nabi saw: Ustadz Mirwan, S.Ag.

Doa: Ustadz Abdul Latif

Hadirin: Para pemimpin masa depan

Duduk di teras: Para pemimpin

bintang lapangan

soulmate: Suhartoyo dan Endang Saeful Anwar

Pada hari Rabu 17 Maret 2010, TBM PERMADANI memberikan sejumlah buku kepada DKM Al-Muhajirin Cipocok Serang. Buku-buku yang didistribusikan diantaranya adalah buku-buku pelajaran sekolah SD,SMP,SMA, serta buku wawasan keislaman.

LPJ

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الصلاة والسلام على رسول الله واله

I. PENDAHULUAN

Segala puji bagi Allah, berkat hidayah dan inayah-Nya, pada malam ini kita dapat berkumpul di tempat yang penuh barakah ini dalam acara LPJ Pengurus DKM al-Muhajirin periode 2007-2010 yang sudah selesai masanya pada 10 Nopember lalu dan Pemilihan Pengurus DKM baru untuk periode berikutnya.

Salawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw dan keturunannya. Semoga kita senantiasa dapat berjalan mengikuti panji-panjinya menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. Amin.

Bapak-bapak sekalian yang saya hormati.

Pertama-tama, mengawali laporan kami, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak-bapak sekalian yang telah berkenan meluangkan waktu untuk acara pada malam ini.

Atas nama seluruh pengurus, saya menyampaikan terima kasih kepada bapak-bapak sekalian khususnya yang hadir di sini, dan umumnya kepada seluruh warga Puri Kartika Banjarsari, yang telah mempercayakan mandat kepengurusan DKM al-Muhajirin kepada kami, lalu dengan aktif telah membantu terlaksananya program-program kerja DKM baik berupa sumbangan pikiran, waktu, tenaga, finansial, dll.

Semoga ini menjadi amal ibadah bagi kita semua.

Berdasarkan mandat dari warga (berwujud SK RW XI Puri Kartika Banjarsari tertanggal 10 Nopember 2007) terbentuklah kepengurusan DKM periode 2007-2010 sbb:

Dewan Pembina: Machyar Effendi (selaku Ketua RW XI),  H. Samargandi

Murga Hadimulya, H. Makakeno, Abdul Latif

Ketua: Ahmad Fadhil

Wakil Ketua: Hairudin

Sekretaris: Achmad Murtado Arifin

Bendahara: Apay Supardi

Seksi pendidikan: Asep Aang, Mahpudin

Seksi peribadatan: Yarkoni, H. Sudarul Bahri

Seksi PHBI: Riyanto, Nana

Seksi Peralatan: Suhartoyo, Edi Sunyoto

Seksi Humas: Deni Rosdiana, Rofei

Merbot: Hendra

Visi kepengurusan ini:

1.      Al-muhafazhah ‘ala al-qadim ash-shalih wa al-akhdz bi al-jadid al-ashlah.

Artinya, menjaga tradisi lama yang baik sambil menciptakan tradisi yang lebih baik. Kepengurusan ini berusaha agar unsur-unsur baik yang telah dibangun pada kepengurusan periode-periode terdahulu tetap terpelihara sambil berusaha memperbaiki kuantitas dan kualitasnya, serta membuat terobosan-terobosan baru untuk membuat tradisi khas warga Puri Kartika.

Implementasi visi ini misalnya program menyemarakkan Ramadhan yang berupa kajian setiap hari sebelum berbuka puasa, membuka tabungan qurban, dan mengintensifkan pengajian rutin dari 2 minggu sekali menjadi seminggu sekali.

2.      Amal berbasis ilmu dan ilmu berbuah amal.

Amal berbasis ilmu. Sebagai komunitas muslim, amaliyah-amaliyah Islam baik yang bersifat ritual maupun bukan sudah berjalan. Kepengurusan ini berusaha mengembangkan basis keilmuan bagi amaliyah-amaliyah tersebut dengan cara meragamkan materi pengajian setelah mengintensifkan waktunya menjadi setiap minggu. Materi-materi yang dikaji selain bersifat praktis, yaitu materi ibadah/fiqih dan akhlak, diperkaya dengan materi-materi yang bersifat teoritis dan wawasan Islam lewat kajian akidah, tafsir, dan sejarah Islam.

Ilmu berbuah amal. Komunitas Puri Kartika Banjarsari terdiri dari individu-individu dengan SDM yang baik. Karena itu, dalam kebanyakan kegiatan, seperti pengajian, khutbah Jumat, imam tarawih, kultum, dan khatib Idul Fitri/Idul Adha, narasumbernya berasal dari kalangan warga.

Amal dan ilmu dalam visi ini dimaksudkan dalam pengertian yang seluas-luasnya, bukan hanya ilmu agama dan amaliyah keagamaan, sehingga bisa mencakup apa yang selama ini dianggap sebagai ilmu umum atau amaliyah duniawi. Masjid diharapkan dapat mewadahi semua kegiatan tersebut. Misalnya selain menyelenggarakan kursus bahasa Arab, juga menyelenggarakan kursus Bahasa Inggris. Selain melakukan dakwah dengan ceramah, juga dakwah dengan pemutaran film. Selain menyelenggarakan shalat berjamaah, juga menyelenggarakan usaha-usaha perekonomian yang menghasilkan pemasukan. Hanya saja ini belum terlaksana sepenuhnya.

Selanjutnya, laporan ini akan saya bagi menjadi tiga bagian.

Pertama, laporan kegiatan.

Kedua, laporan keuangan.

Ketiga, rekomendasi.

II. KEGIATAN

1. Pengajian rutin

Pengajian rutin diselenggarakan setiap Rabu malam Kamis jam 20.00-22.00 dengan materi seputar tafsir, fiqih, akidah, akhlak, dan sejarah nabi. Pengeluaran rutin untuk kegiatan ini adalah Rp. 140.000 dengan rincian Rp. 100.000 untuk honor narasumber dan Rp. 40.000 untuk konsumsi. Selain itu diselenggarakan juga pengajian Yasin pada setiap malam Jumat.

2. Semarak bulan Ramadhan.

Kegiatan ibadah yang diselenggarakan DKM untuk menyemarakkan bulan Ramadhan meliputi kegiatan buka puasa bersama dan kajian sebelum berbuka setiap hari, penerimaan dan pendistribusian zakat fitrah dan zakat mal, pemberian bingkisan, peringatan Nuzulul Quran, shalat Tarawih dan shalat Id.

3. Perayaan hari besar Islam

Perayaan hari besar Islam meliputi peringatan tahun baru Hijriah, peringatan Maulid Nabi, peringatan Isra Mikraj, Nuzulul Quran, dan Halal Bihalal. Peringatan pernah diselenggarakan dalam bentuk rangkaian beberapa kegiatan seperti lomba-lomba keagamaan dan pelatihan pengurusan jenazah, dan yang lebih sering berupa ceramah keagamaan dalam satu kegiatan. Halal Bihalal terakhir diselenggarakan oleh panitia dari Karang Taruna.

4. Qurban

Penerimaan tabungan qurban dari warga.

5. Pengadaan inventaris

Terlampir.

6. Pembangunan fisik

Pembangunan fisik yang telah dilakukan adalah pemasangan paving blok, pembuatan jalan, pembuatan ruang (direncanakan untuk perpustakaan), rehab ringan, dan pembenahan wc.

.

7. Lain-lain

Menjenguk warga yang sakit atau terkena musibah, mengurus jenazah, kursus Bahasa Arab.

III. KEUANGAN

-          Terlampir

IV. REKOMENDASI

1. Struktur organisasi

Pada periode ini, struktur kepengurusan terdiri dari organ-organ sebagai berikut: Dewan penasihat, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi yang terdiri dari seksi pendidikan, seksi peribadatan, seksi PHBI, seksi Humas, seksi peralatan, dan merbot.

Untuk periode berikutnya, kami merekomendasikan:

a. Penggabungan seksi pendidikan dengan peribadatan.

b. Pembentukan seksi usaha.

c. Pembentukan seksi penarikan infak warga (melaksanakan fungsi seksi Humas).

d. Pembentukan seksi Qurban (dapat digabungkan dengan seksi PHBI).

e. Pembentukan seksi Majlis Taklim kaum ibu

f. Pembentukan seksi pembinaan pemuda, remaja, dan anak-anak.

g. Pembentukan seksi pengembangan perpustakaan.

(Seksi peralatan tetap seperti sedia kala.)

2. Pendanaan

Sumber dana DKM al-Muhajirin periode ini adalah kotak amal Jumat, infak bulanan warga, proposal, sumbangan insidental dari warga.

Pemasukan dalam persentase terbesar berasal dari infak bulanan warga.

Karena itu, sebelum ada sumber pemasukan lain, kami merekomendasikan penarikan infak bulanan warga tetap dilanjutkan dengan perbaikan sistemnya.

3. Arah kebijaksanaan/kegiatan

Pertama, pada LPJ terdahulu, sudah diamanatkan agar pengurus memprioritaskan kegiatan ke dalam masjid. Salah satu makna dari amanat ini adalah agar pengurus mengupayakan pembangunan/renovasi fisik masjid. Tapi, fokus pengurus ini pada beberapa kegiatan yang bersifat pembangunan mental spiritual, yaitu pengajian rutin dan pengajian dalam menyemarakkan bulan Ramadhan, maka pembangunan fisik tersebut belum dapat dilaksanakan.

Dengan mempertimbangkan kondisi masjid yang sudah semakin membutuhkan peremajaan/renovasi, juga mempertimbangkan kebutuhan warga Puri Kartika yang semakin banyak, sehingga pada saat Shalat Jumat, Shalat Tarawih, dan Shalat Id sudah tidak tertampung lagi oleh masjid, maka kami merekomendasikan perhatian yang lebih besar lagi terhadap upaya pembangunan fisik. Untuk itu kami sudah membuat sebuah gambar rencana pembangunan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh pengurus DKM selanjutnya.

Kedua, pelaksanaan Qurban. Pada dua tahun ini pengurus DKM membuka tabungan qurban. Respon warga terhadap program ini cukup baik dan cukup efektif dalam menyemarakkan hari raya Idul Adha. Kami merekomendasikan agar program ini dilanjutkan dengan perbaikan pada beberapa hal. Misalnya, pada pembelian hewan qurban dan proses distribusi daging qurban.

Ketiga, semarak bulan Ramadhan. Pada tiga tahun ini, selama bulan Ramadhan, pengurus menyelenggarakan buka puasa bersama dan kajian sebelum berbuka setiap hari, dan pemberian bingkisan kepada warga yang berjasa untuk kegiatan-kegiatan DKM. Teknis penyediaan makanan/minuman untuk berbuka puasa sudah semakin baik berkat kerja sama dengan pengurus-pengurus RT. Pembuatan proposal untuk penggalangan dana juga mendapatkan respon yang baik pada bulan yang mulia ini. Kami merekomendasikan kegiatan ini terus diselenggarakan di samping upaya menjaga persatuan dalam pelaksanaan shalat Tarawih.

Keempat, pengajian rutin diselenggarakan seminggu sekali. Kami merekomendasikan pengajian ini terus diselenggarakan dengan mempertimbangkan beberapa masukan tentang waktu penyelenggaraannya. Pengajian kaum ibu Puri Kartika selama ini diselenggarakan secara mandiri oleh ibu-ibu di lingkungan RT. Pengajian kaum ibu yang diselenggarakan oleh pengurus DKM (lewat seksi Majlis Taklim Kaum Ibu) nampaknya perlu dihidupkan kembali.

Kelima, pengadaan inventaris yang cukup mendesak: melengkapi peralatan pengurusan jenazah, memperbaiki sound system.

V. PENUTUP

Demikian laporan pertanggungjawaban kami Pengurus DKM al-Muhajirin Puri Kartika. Terakhir, kami memohon maaf atas segala kekurangan dalam melaksanakan amanah ini. Semoga dalam kepengurusan berikutnya, kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperbaiki.

Serang, 27 Nopember 2010

Pengurus DKM al-Muhajirin

Achmad Murtado Arifin, Sekretaris

Ahmad Fadhil, Ketua

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.