Pengajian malam Kamis, 17 Maret 2010

Narasumber: Ustadz Endang Saiful Anwar, Lc., M.A.

Materi: Tafsir Surah at-Taubah

Rujukan: Tafsir Maudhu’i karya Syekh Muhammad al-Ghazali

Tema: Surah at-Taubah

Surah at-Taubah urutan ke-9 dalam tartib mushaf dengan jumlah ayat 129. Dinamakan at-Taubah—nama populer bagi surah ini—karena kata at-taubah banyak disebut di surah ini berkaitan dengan orang-orang yang tidak ikut berperang bersama Rasulullah saw dalam Perang Tabuk. Surah ini merupakan teguran bagi mereka dan petunjuk bagaimana cara mereka bertobat dari dosa tersebut.

Surah ini disebut juga Surah Baraah (berlepas diri, tidak berkaitan). Ini sesuai dengan ayat pertama:

براءة من الله ورسوله

Ada nama lain, seperti al-adzab, al-fadhihah (yang menelanjangi niat-niat orang yang tidak ikut perang).

At-Taubah adalah satu-satunya surah yang tidak diawali dengan basmalah. Tapi jumlah basmalah di dalam al-Quran tetap 114, sesuai dengan jumlah surah dalam al-Quran, karena di dalam surah an-Naml, lafal basmalah disebut 2 kali.

Mengapa at-Taubah tidak dimulai dengan basmalah?

  1. Karena kebiasaan orang Arab dalam memutuskan perjanjian tidak menulis basmalah, berbeda dengan menjalin perjanjian yang dimulai dengan basmalah.
  2. Karena—diriwayatkan oleh Imam Ali—surah ini berisi tentang perang, pembatalan perjanjian, sedang basmalah adalah lafal yang dibaca ketika amalan berisi kasih dan sayang[AF1] .
  3. Imam Turmudzi, ketika kodifikasi al-Quran pada masa Utsman, ada keraguan antara batas surah al-Anfal dan at-Taubah, sehingga ada yang menganggap keduanya 1 surah yang bersambung, atau 2 surah yang terpisah. Utsman memutuskan tidak menulis basmalah. Riwayat ini lemah, karena tidak mungkin Rasulullah saw meninggalkan sesuatu tentang al-Quran tanpa penjelasan. Begitu juga dari segi historisitas penurunan kedua surah ini yang cukup panjang.

Hubungan dengan non muslim dalam surah at-Taubah dan hubungannya dengan kunjungan Obama ke Indonesia

Pemahaman sepotong-potong terhadap al-Quran membuat orang Islam merasa boleh membunuh orang kafir. Pemahaman ini disebarkan justru oleh musuh Islam agar umat Islam dicap sebagai teroris.

Misalnya ayat

فاقتلوه حيث ثقفتموه

Ayat-ayat yang terkesan keras ada dalam konteks bela diri. Nilai utama dalam Islam adalah menebarkan kasih sayang. Islam adalah agama rahmatan lil alamin.

Surah at-Taubah

  1. Pengumuman dari Rasulullah saw kepada kaum kafir dan munafik bahwa perjanjian antara mereka telah batal disebabkan kaum kafir telah lebih dulu melanggarnya. Allah SWT mengizinkan beliau memutuskan “hubungan diplomatik” dengan mereka.
  2. Pelepasan hubungan ini diumumkan oleh Allah melalui Ali bin Abi Thalib. Ayat 3: di sinilah Syiah Ghulat[AF2] memandang ada wasiat untuk Ali untuk menjadi khalifah. Pada waktu itu Abu Bakar jadi pemimpin haji.

Apa itu Haji Akbar?

Riwayat bahwa haji besar adalah yang wukufnya pada hari Jumat adalah riwayat yang lemah. Misalnya, “Sebaik-baik hari adalah hari Jumat yang pada hari itu dilakukan wukuf di Arafah. Haji pada hari itu sebanding dengan haji pada hari lain.” Yang benar adalah semua haji (yang ada wukufnya) adalah haji besar.

  1. Ayat 4: pembatalan ini berlaku kepada orang-orang yang melanggar perjanjian.
  2. Ayat 5: pemutusan hubungan ini tidak seketika, tapi ada jeda 4 bulan (dari Dzul Qaidah sampai Shafar) untuk memperbaiki hubungan. Ini menunjukkan rahmatan lil alamin-nya Islam.
  3. Ayat 11: masih menyerukan tobat kepada para pelanggar tersebut. Ada kelembutan dan ketegasan dalam ayat ini. Betapa pun kuatnya senjata dan teknologi kaum kafir, mereka tidak dapat mengalahkan Allah SWT.

HTI: Obama adalah penjahat perang, tidak pantas datang ke Indonesia.

Muhammadiyah, NU: Obama silakan datang, untuk meningkatkan hubungan persahabatan Amerika dengan Islam.

  1. Ayat 6: perilaku Rasulullah saw selalu mengedepankan perdamaian, mengebelakangkan dendam dan pembalasan. Waspada tetap perlu:

ولن ترضى عنك اليهود ولا النصارى

  1. Indonesia bukan Negara Islam. Hanya mayoritasnya muslim. Kita harus memikirkan bagaimana nasib minoritas muslim di negara-negara mayoritas non muslim.
  2. Ayat 16: penutup kelompok pertama dalam surah ini. Kelihatan siapa yang hendak meninggikan kalimatullah dan siapa yang tidak.

Kelompok kedua ayat:

Pemakmuran masjid

  1. Ayat 17: orang kafir tidak memakmurkan masjid dengan apa yang mereka lakukan di Masjidil Haram.
  2. Ayat 18: pemakmuran masjid tidak hanya dengan ritual dan shalat saja, tapi semua aktivitas ibadah yang mendekatkan diri kita kepada Allah. Misalnya tadi kita kedatangan tamu yang menyerahkan wakaf buku. Perpustakaan adalah sarana mendekatkan diri kepada Allah. Menyusun strategi perang.
  3. Ayat 24: siapa yang harus dicintai?
  4. Mencintai pendidikan Islam sama dengan memakmurkan masjid. Perhatian terhadap “kesejahteraan guru”. Kita dijajah oleh pemikiran kapitalis. Sekolah agama hanya menjadi pelengkap, bukan yang utama. Murid tidak takut bolos, tidak takut lambat bayaran di sekolah agama. Bahkan tidak takut jika tidak lulus. Karena sekolah agama ini bukan hal yang utama.
  5. Yang dipelajari di sekolah agama tidak mesti ilmu agama. ليتفقهوا في الدين. Kata في di dalam ayat ini menunjukkan tafaqquh itu dalam beragama, bukan dalam agama. Dalam “pelajaran umum”, harus disisipkan nilai agama. Isaac Newton hanya mengatakan hukum gravitasi. Hukum gravitasi itu sendiri adalah ketetapan Allah.
  6. Perhatikan pendidikan agama anak kita. Apakah mereka sudah bisa shalat, ngaji. Jangan sekolah dan kuliah dengan “kerja oriented” seperti pada IKLAN SMK di tv. Sekolah itu untuk mencari ilmu pengetahuan. Paradigma salah ini membuat kuliah/SMU dengan warna ilmu murni ditinggalkan. Orang tua mencari sekolah dan kuliah yang cepat mengantar anaknya ke dunia kerja. Padahal tidak ada makhluk di dunia kecuali rezekinya dijamin Allah.

Poin-poin lain dalam surah at-Taubah

  1. Zakat.
  2. Hasil setiap perbuatan pasti akan dilihat oleh pelakunya.

Pak Murtado:

  1. Apa definisi kafir? Ada yang lebih bahaya dari kafir, yaitu munafik. Obama masuk yang mana?

Jawab: Ahlul Kitab juga masuk definisi kafir. Mereka beriman kepada Allah tapi melakukan syirik. Munafik duri yang sulit dilacak, termasuk pada zaman Rasulullah saw. Perang Tabuk, orang munafik tidak mau ikut karena takut mati pada perang.

Kafir harbi dan kafir dzimmi. Berkaitan dengan kafir dzimmi, ada hak tetangga: sebagai saudara, muslim, manusia. Rasul memberi hadiah kepada orang Yahudi. Berkaitan dengan kafir harbi, kita tidak memulai peperangan dengan mereka. Tapi hanya bela diri.

Obama bukan muslim walaupun ada kata Husain di dalam namanya. Dia kafir harbi.

Pak Ade: Usul pertemuan bulan depan langsung bahas surah Yasin.


[AF1]Berkaitan dengan lawan perang yang tidak berhak mendapat basmalah, bukan dengan perbuatan perangnya.

[AF2]Syiah Ghulat tidak diarahkan kepada Syiah yang meyakini Ali lebih berhak menjadi khalifah dariapda yang lain.

About these ads